Memahami Perencanaan Struktur Pengalamatan

5:20 AM Unknown 0 Comments

 

Pengertian VLSM dan CIDR


CIDR (Classless Inter-Domain Routing)

Classless Inter-Domain Routing (CIDR) adalah sebuah cara alternatif untuk mengklasifikasikan alamat-alamat IP berbeda dengan sistem klasifikasi ke dalam kelas A, kelas B, kelas C, kelas D, dan kelas E. Disebut juga sebagai supernetting. 
CIDR merupakan mekanisme routing dengan membagi alamat IP jaringan ke dalam kelas-kelas A, B, dan C.
CIDR digunakan untuk mempermudah penulisan notasi subnet mask agar lebih ringkas dibandingkan penulisan notasi subnet mask yang sesungguhnya. Untuk penggunaan notasi alamat CIDR pada classfull address pada kelas A adalah /8 sampai dengan /15, kelas B adalah /16 sampai dengan /23, dan kelas C adalah /24 sampai dengan /28. Subnet mask CIDR /31 dan /32 tidak pernah ada dalam jaringan yang nyata.


VLSM (Variable Length Subnet Mask)
VLSM adalah pengembangan mekanisme subneting, dimana dalam VLSM dilakukan peningkatan dari kelemahan subneting klasik, yang mana dalam clasik subneting, subnet zeroes, dan subnet- ones tidak bisa digunakan. selain itu, dalam subnet classic, lokasi nomor IP tidak efisien.

Pada metode VLSM subnetting yang digunakan berdasarkan jumlah host, sehingga akan semakin banyak jaringan yang akan dipisahkan. Tahapan perhitungan menggunakan VLSM IP Address yang ada dihitung menggunakan CIDR selanjutnya baru dipecah kembali menggunakan VLSM. Maka setelah dilakukan perhitungan maka dapat dilihat subnet yang telah dipecah maka akan menjadi beberapa subnet lagi dengan mengganti subnetnya.

 

Pengertian NAT dan PAT 

 






·         NAT (Network Address Translation)
merupakan suatu metode untuk menghubungkan lebih dari 1 pc pada jaringan lokal ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP publik.



·         PAT (Port Address Translation)
merupakan suatu metode untuk menghubungkan beberapa port yang diakses pada jaringan lokal ke jaringan internet menggunakan satu alamat IP publik sesuai dengan port yang diakses.

Alasan menggunakan NAT pada jaringan


1.      Menghemat IP legal yang diberikan oleh ISP
2.      Mengurangi terjadinya duplikasi IP address pada jaringan
3.      Menghindari proses pengalamatan kembali pada saat jaringan berubah
4.      Meningkatkan fleksibilitas untuk koneksi ke internet 
 
TERMINOLOGY IP NAT
Terminologi NAT, jaringan internal adalah kumpulan jaringan yang menjadi sasaran penerjemah dari alamat privat menjadi alamat publik). jaringan luar menunjukan apa yang biasanya ada di internet, jadi NAT berfungsi untuk menerjemahkan alamat private Anda didalam jaringan internal menjadi alamat ip publik sebelum paket-paket diteruskan ke jaringan lain, jadi misalnya dalam contoh kasus lab kampus tadi setiap lab atau bahkan kampus bisa hanya menggunakan alamat ip publik satu saja, hal itu cukup menghemat ip publik bukan ?.
Terdapat beberapa ciri khas dari NAT



NAT STATIC DAN DINAMIK


1.  Pengertian Static NAT

Kita mengetahui bahwa host yang memiliki IP Privat tidak dapat terkoneksi dengan IP Public pada jaringan internet sehingga dibutuhkannya proses routing, tapi dengan metode NAT kita dapat menghilangkan proses routing
Static nat merupakan suatu cara untuk mengkoneksikan ip privat ke internet melalui ip public dengan cara melewati 1 ip publik yang tetap.
Dirancang untuk memungkinkan mapping (pemetaan) one-to-one antara alamat lokal dan publik. Ciri khas ini membutuhkan Anda untuk mempunyai satu alamat nyata IP publik untuk setiap host dalam jaringan anda.
 
2. .Pengertian Dynamic NAT

Dynamic nat merupakan suatu cara untuk mengkoneksikan ip privat ke internet melalui ip public dengan cara melewati beberapa  ip publik yang dalam 1 interface . biasanya menggunakan aliasing.
ip dari vboxnet0 ada 2 yaitu 31.2.2.2 dan 31.1.1.1
Konfigurasi iptables
jika di static nat menggunakan perintah #iptables -t nat -A POSTROUTING – o vboxnet0 -s 172.16.0.2 -j SNAT –to-source 31.2.2.2 maksudnya untuk di khususkan pada ippublic 31.2.2.2
sedangkan pada dynamicnat perintahnya yaitu #iptables -t nat -A POSTROUTING – o vboxnet0 -s 172.16.0.2 -j MASQUERADE
maksudnya jika satu ip pada interface vboxnet0 di banned maka ip yang lain masih bisa berselancar di dunia maya.
Anda tidak perlu secara statis mengkonfigurasi router anda untuk map alamat jaringan internal ke alamat jaringan lar seperti pada static NAT, tapi anda memerlukan alamat IP nyata untuk digunakan oleh setiap orang yang ingin mengirimkan paket ke dan dari internet.

0 comments: